Posted by : Unknown Jumat, 03 Mei 2013


Haloo para sahabat blogger dan sahabat multimedia SMK N 1 Kotaagung barat, ada lagi nih animasi yang baru lagi dari YudiirawanMultimediaStudios. Animasi ini berjudul “ Kupu-kupu malang” ko bisa ya namanya kupu-kupu malang? Ah judul gak penting dehhh, so langsung aja yuk kita liat cara pembuatannya.
1.       Bukalah program Flash, gak perlu saya kasih tau lagikan cara bukanya???hehehe, disini saya menggunakan Flash 8 untuk membuat animasi ini, tetapi semua bagaimana sobat aja mau dibuat di flash versi beerapapun jadi ko.
2.       Buatlah stage baru dan jangan lupa di save ya. Di stage terlebih dahulu kita buat sayap kupu-kupu dengan cara sperti dibawah ini :
a.       buatlah sayap menggunakan OVAL TOOL
b.      lalu kita gambar OVAL TOOL tadi pada stage, Sehingga akan terbentuklah bulatan atau oval.
c.       Lalu sahabat bloger tinggal membentuk menjadi sayap yang sahabat inginkan, dengan cara memilih SELECTION TOOL, dan dekatkan dengan garis tepi pada bulatan atau oval yang kita gambarkan di stage tadi.














d.      Nah liat nih pada gambar ini, hasil seleksi yang kita buat untuk membuat sayap


 













e.      Nah sekarang kita akan membuat MOVIE CLIP kupu-kupu, dah lah gak usah pake luama cek idot……Setelah terbentuk sayap, seleksilah sayap tersebut dan dari menu MODIFY plih CONVERT TO SYMBOL


 














f.        Di menu CONVERT TO SYMBOL kalian akan dihadapkan pada kotak dialog untuk membuat MOVIE CLIP, nah jangan lupa di kotak dialog ada 3  pilihan menu, langsung ajja kita pilih menu MOVIE CLIP. Isi Name dengan nama KUPU_KUPU,TYPE di isi dengan MOVIE CLIP, dan REGISTRATION tempatkan di tengah.


 













g.       Setelah kita membuat MOVIE CLIP pada kotak dialog, KLIK 2 kali gambar sayap yang telah kita masukan kedalam MOVIE CLIP, hal ini dikarenakan pekerjaaan kita belum selesai sepenuhnya. Setelah masuk didalam stage MOVIE CLIP ingat tanda di atas pojok kiri ada SCENE dan Nama movie clip yang kita buat dengan nama KUPU_KUPU.


 













                          



h.      Sleksilah gambar sayap tadi, inget kita harus buat sayap satu lagi, dengan cara menggandakan sayap yang kita sleksi tadi dengan cara menekan CTRL+D. lihatlah gambar yang telah di gandakan…


 













i.         Setelah kita gandakan kita leksi sayap ke 2 dengan cara menggunakan FREE TRANFORM TOOL, lalu tekuklah sayap kedua sehingga membentuk seperti gambar dibawaah ini ya???


 















j.  Setelah selesai kita membuat sayap, so…..sekarang kita lanjut untuk membuat badannya kupu-kupu, dengan cara kita buat lagi layer satu lagi untuk membuat temat meletakan objek badan dengan cara, INSERT pilih TIME LINE pilih LAYER


 












k.       Nah sekarang lihat layer baru di stage movie clip. Di layer itulah kita akan membuat gambar badan.


 











l.         Buatlah badan kupu-kupu dengan OVAL TOOL, dengan membuat 2 bulatan yang satu bulatan untuk kepala dan satu lagi buat badan si kupu-kupu tadi. Lalu gabungkan kepala dan badannya dan satukan dengan sayap tadi.






 






















m.    Nahh…nah lihatlah gambar yang tadi kita buat badan dan sayap kupu-kupu, agar kupu-kupu terlihat terbang dari atas, drag lah layer badan ke bawah layer sayap.


 












n.      Opssss…..udahkah pekerjaan kita?hehehe, belumlah…sekarang baru kita bermain di frame masing-masing layer unuk membut gerakan pada kupu-kupu. Dengan cara di frame 3 pada layer sayap klik kanan pilih INSERT KEY FRAME. Dan di layer badan frame ke 3 pilih INSERT FRAME


 















o.      Setelah selesai sekarang kita akan bermain di layer sayap untuk membuat gerakan kepakan sayap kupu-kupu. Seleksi kembali sayap dengan FREETRANFORM TOOL pada layer kupu-kupu frame 3.


 












p.      Tekuklah sayap dan satukan kembali dengan badanya…opppssss sekarang pekerjaan kita selesai, untuk melihat hasilnya tekan CTRL+ENTER


 












Saya juga menyediakan link download untuk mendownload sourc ini, so disini neh!!!! Kupu-kupu Malang

{ 1 komentar... read them below or add one }

Terima kasih sudah mampir di Blog ini...
semoga Artikel yang ada di blog ini dapat bermanfaat...

Welcome to My Blog

Popular Post

Menu

Total Tayangan Halaman

Tombol Atas

- Copyright © Multimedia SMK N 1 Kobar -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by yudi irawan -